Uang Tunai lebih baik daripada Debit

Setelah disambut kabar baik bahwa depositoku di bank Mandiri yang kubuat secara coba-coba ternyata cair tepat di pergantian tanggal 15 November ke 16 November 2015, akhirnya mulai nih merancang-rancang mau beli apaan… biasa deh perempuan, langsung habis pulang kerja jam setengah 10 malam capcus ke Alfamidi dekat seskoal cipulir.

Sudah masukin barang belanjaan ke keranjang seperti tisu promo, kapas, toner, deodorant dan lain lain, akhirnya menuju ke kasir pembayaran.

Seperti biasa aku mengeluarkan kartu debit BCA ku, kartu Xpresi BCA yang bergambarkan grand piano. Aku memang biasanya kalau belanja jarang sekali pakai uang tunai, karena kalau pegang uang tunai entah kenapa selalu tergoda beli gorengan. XD

Mbak kasirnya seperti biasa menggesek di bagian EDC dan saya memasukkan nomor pin. hasilnya ? nihil. Kalimat Referall tertera di mesin edc BCA setelah saya memasukkan nomor pin. Oh SHIT! pikirku. Mana aku nggak punya uang tunai lagi. Akhirnya aku menggesek ke ATM BCA yang ada di Alfamidi tersebut untuk ambil tunai dan hasilnya lagi ? Bukannya bernapas lega malah panik berat, lha wong dimesin ATM tertuliskan “Maaf transaksi anda gagal dilakukan”

What. The. Fucking. Hell.

Mati.Aku.

Dengan berat hati dan tentu saja malu, aku minta maaf ke mbak kasir Alfamidi-nya untuk mengembalikan barang-barang belanjaku karena nggak jadi beli.

Di parkiran, langsung aku telepon BCA Call Center di (021)-1500800. Setelah pencocokan data dan lain-lain akhirnya didapatkan bahwa tidak ada masalah dengan kartu ATM ku, Kartu atmku tidak terblokir dan tidak ada kesalahan transaksi BCA saat itu.

Lalu kenapa aku mencoba transaksi di Alfamidi itu, sama sekali tidak bisa ?

Katanya CS nya, mungkin saja ada kesalahan jaringan di Alfamidi tempatku melakukan transaksi sehingga kartu debitku tidak bisa digunakan.

Akhirnya setelah membayar parkir Alfamidi, aku mencoba meluncur ke Alfamidi lain yang lebih sepi dan ada mesin ATM Bcanya. Berbekal pengalaman tadi, mending coba tarik tunai dulu aja sebelum berbelanja. Entah kenapa di ATM BCA ini, transaksi tarik tunai berjalan lancar dan bersahaja.

Walah.

Mungkin ini pembelajaran ya kalau akan lebih baik selalu sedia uang tunai karena apabila terlalu bergantung pada pembayaran elektronik seperti kartu debit dan kredit, bisa saja akan terjadi kesalahan teknis seperti yang kualami kemarin.

Oke Fix, aku nggak bisa kembali ke Alfamidi sana lagi.

Dengan ini aku menyatakan pembayaran transaksi melalui kartu debit dan kredit tidak akan kugunakan lagi untuk belanja di mesin EDC kecuali untuk transfer online.

Mendingan sedia uang tunai yang pasti-pasti saja. Kapok banget deh aku. -_-

Leave a Reply

